Registrasi Online Penerimaan Mahasiswa Baru
STTB

Info

BIAYA PERKULIAHAN
1

BIAYA STUDI SEKOLAH TINGGI TEOLOGI BANDUNG

Tercatat pertahun 2018

Item Biaya

Yang Harus Dibayarkan

S.Th.

S.Pd.K.

M.Th.

M.Pd.K

M.Min. Kepemimpinan Pastoral

M.Min. in

Marketplace

Ministry

M.Min in

Worship and Music Ministry Leadership

Formulir pendaftaran, test admisi & psikotes (biaya tidak dapat dikembalikan)

500.000

500.000

500.000

500.000

500.000

500.000

500.000

Biaya kuliah & asrama

1.300.000

/ bulan

1.300.000

/ bulan

 

 

 

 

 

Biaya kuliah (non asrama)

1.000.000

/ bulan

1.000.000

/ bulan

1.500.000

 / mata kuliah

1.500.000

 / mata kuliah

1.000.000

 / mata kuliah

1.500.000

 / mata kuliah

1.000.000

/ sks

Biaya administrasi

300.000

/ semester

300.000

/ semester

500.000

/ semester

500.000

/smt

500.000

/ semester

500.000

/ semester

 

Biaya bimbingan skripsi / tesis

1.300.000

1.300.000

5.000.000

5.000.000

 

 

 

Biaya ujian proposal

 

 

2.000.000

2.000.000

 

 

 

Biaya tugas (paper) akhir

 

 

 

 

1.500.000

 

 

Biaya proyek akhir

 

 

 

 

 

1.500.000

 

Biaya Seminar

 

 

2.000.000

2.000.000

 

 

 

Cuti skademik/smt

500.000

500.000

500.000

500.000

500.000

500.000

 

Wisuda

2.500.000

2.500.000

2.500.000

2.500.000

2.500.000

2.500.000

2.500.000

Audit/mata kuliah

750.000

750.000

750.000

750.000

750.000

750.000

 

Biaya menginap / hari

(mendapat 3x makan)

150.000

150.000

150.000

150.000

150.000

150.000

150.

 

Biaya untuk 2 tahun pertama M.Th. kelas matrikulasi (khusus untuk mahasiswa dari S1 Umum):

 

NO.

KOMPONEN BIAYA

JUMLAH BIAYA (Rp)

1

Biaya kuliah : non asrama/bulan

Biaya kuliah : asrama/bulan

Rp. 1.000.000

Rp. 1.300.000

2

Biaya administrasi / semester

Rp.    500.000

 

**Segala bentuk pembayaran ditransfer ke rekening STT Bandung di BCA ac: 282 300 5555 a.n. Yayasan STT Bandung dan wajib mengirimkan bukti transfer ke nomor 081573360009

 

 
SYARAT PENDAFTARAN
2

Sarjana Teologi & Sarjana Pendidikan Kristen

 

[  KUALIFIKASI ]

 

  • Lulus SMA atau SMK dengan minimal usia 18 tahun.
  • Memiliki panggilan yang jelas untuk melayani sebagai guru Kristen.

 

[  PROSEDUR PENDAFTARAN  ]

 

  1. Melakukan pendaftaran awal ke sistem admisi online dengan mengakses alamat sis.sttb.ac.id/pmb.
  2. Mengunduh melalui sistem (atau mengambil ke Kantor STT Bandung) dan mengisi 1 set formulir pendaftaran yang terdiri dari:
    • Formulir Pendaftaran
    • Formulir Kesaksian A (mengenai pertobatan pribadi)
    • Formulir Kesaksian B (mengenai keterlibatan dalam pelayanan)
    • Formulir Rekomendasi 1 (dari gembala sidang/pembina rohani)
    • Formulir Rekomendasi 2 (dari sahabat, teman/rekan kerja)
    • Formulir Rekomendasi 3 (dari guru, dosen/atasan)
    • Formulir Data Kesehatan
    • Formulir Data Keluarga
    • Formulir Konfirmasi Dukungan Pembiayaan Studi
  3. Melampirkan:
  • Fotocopy Akte Kelahiran
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 (2 lembar)
  • Fotocopy Surat Kelulusan, Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) / ijazah dan Raport terakhir yang dilegalisir
  • Fotocopy Kartu BPJS atau Kartu Indonesia Sehat atau Asuransi Kesehatan. Bila tidak memiliki keduanya maka harus menyertakan surat pernyataan dari orang tua bahwa orang tua akan menanggung biaya kesehatan atau pengobatan calon mahasiswa
  • Bagi mahasiswa pindahan dari STT lainnya wajib menyerahkan surat pindah/keluar dari STT tersebut dan menyerahkan transkrip terakhir
  • Fotocopy surat baptis dan surat sidi
  1. Mengirimkan hasil psikotes tertulis kepada STT Bandung. Calon mahasiswa bebas memilih biro penguji psikotes dan membawa surat pengantar dari STT Bandung (terlampir dalam formulir, isi bagian nama, TTL dan tanggal deadline penyerahan berkas) untuk diserahkan kepada biro penguji psikotes setempat. Hasil psikotes dikirimkan langsung oleh penguji kepada pihak STT Bandung. Tanpa hasil psikotes dalam berkas pendaftaran maka calon mahasiswa tidak akan kami panggil untuk tes masuk.
  2. Membayar biaya formulir pendaftaran sebesar Rp500,000.- (wajib ditransfer ke rekening BCA an. Yayasan STT Bandung, ac: 282 300 5555). Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
  3. Mengirimkan berkas-berkas pada nomor 1-4 (sudah lengkap) beserta bukti transfer pada nomor 5 ke alamat STT Bandung dan ditujukan kepada “Bagian Admisi STT Bandung” sebelum periode pendaftaran berakhir.
  4. Mengikuti Tes Penerimaan Mahasiswa Baru yang meliputi:
  • Pengetahuan Teologi
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Indonesia
  • Wawancara
3

Magister Teologi (M.Th.)

 

[  KUALIFIKASI ]

 

  • Lulusan program S.Th./M.Div. atau S1 umum.
  • Telah memiliki pengalaman pelayanan 2 (dua) tahun atau mendapatkan rekomendasi dari gereja atau lembaga yang dilayaninya.
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik (nilai TOEFL paper based minimal 450 atau IELTS 5.0)

 

[ PROSEDUR PENDAFTARAN ]

  1. Mengisi 1 set formulir pendaftaran yang terdiri dari:
    • Formulir Pendaftaran
    • Formulir Kesaksian A (mengenai pertobatan pribadi)
    • Formulir Kesaksian B (mengenai keterlibatan dalam pelayanan)
    • Formulir Rekomendasi 1 (dari gembala sidang/pembina rohani)
    • Formulir Rekomendasi 2 (dari sahabat, teman/rekan kerja)
    • Formulir Rekomendasi 3 (dari dosen/atasan)
    • Formulir Data Kesehatan
    • Formulir Data Keluarga
    • Formulir Konfirmasi Dukungan Pembiayaan Studi

 

  1. Melampirkan:
  • Fotocopy Akte Kelahiran
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 (2 lembar) dengan latar belakang biru
  • Fotocopy Ijazah dan Transkrip yang dilegalisir
  • Fotocopy Kartu BPJS atau Kartu Indonesia Sehat atau Asuransi Kesehatan. Bila tidak ada maka harus menyertakan surat pernyataan dari pribadi / keluarga bahwa yang bersangkutan akan menanggung biaya kesehatan atau pengobatan calon mahasiswa.
  • Fotocopy surat baptis dan surat sidi

 

  1. Menyerahkan 1 paper akademik (minimal 30 halaman, dengan format penulisan sesuai aturan karya ilmiah yang berlaku).

 

  1. Mengirimkan hasil psikotes tertulis kepada STT Bandung. Calon mahasiswa bebas memilih biro penguji psikotes dan membawa surat pengantar dari STT Bandung (terlampir dalam formulir, isi bagian nama, TTL dan tanggal deadline penyerahan berkas) untuk diserahkan kepada biro penguji psikotes setempat. Hasil psikotes dikirimkan langsung oleh penguji kepada pihak STT Bandung. Tanpa hasil psikotes dalam berkas pendaftaran maka calon mahasiswa tidak akan kami panggil untuk tes masuk.

 

  1. Membayar biaya pendaftaran dan tes sebesar Rp500,000.- (wajib ditransfer ke rekening BCA an. Yayasan STT Bandung, ac: 282 300 5555). Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan.

 

  1. Mengirimkan berkas-berkas pada nomor 1-5 (sudah lengkap) beserta bukti transfer pada nomor 6 ke alamat STT Bandung dan ditujukan kepada “Bagian Admisi STT Bandung” sebelum periode pendaftaran berakhir.

 

  1. Mengikuti Tes Penerimaan Mahasiswa Baru yang meliputi:

 

  • Pengetahuan Teologi
  • Bahasa Inggris
  • Wawancara

 

4

Magister Pendidikan Kristen (M.Pd.)

 

[ KUALIFIKASI ]

 

  • Lulus S1 (semua jurusan)
  • Telah memiliki pengalaman pelayanan di gereja ataupun sekolah minimal 2 (dua) tahun serta mendapatkan rekomendasi dari gereja atau lembaga yang dilayaninya.
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik (nilai TOEFL paper based minimal 450 atau IELTS 5.0)

 

[ PROSEDUR PENDAFTARAN ]

  1. Mengisi 1 set formulir pendaftaran yang terdiri dari:
    • Formulir Pendaftaran
    • Formulir Kesaksian A (mengenai pertobatan pribadi)
    • Formulir Kesaksian B (mengenai keterlibatan dalam pelayanan)
    • Formulir Rekomendasi 1 (dari gembala sidang/pembina rohani)
    • Formulir Rekomendasi 2 (dari sahabat, teman/rekan kerja)
    • Formulir Rekomendasi 3 (dari dosen/atasan)
    • Formulir Data Kesehatan
    • Formulir Data Keluarga
    • Formulir Konfirmasi Dukungan Pembiayaan Studi

 

  1. Melampirkan:
  • Surat Keterangan Bekerja minimal selama 2 tahun
  • Fotocopy Akte Kelahiran
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 (2 lembar)
  • Fotocopy Ijazah dan Transkrip yang dilegalisir
  • Fotocopy Kartu BPJS atau Kartu Indonesia Sehat atau Asuransi Kesehatan. Bila tidak ada maka harus menyertakan surat pernyataan dari pribadi / keluarga bahwa yang bersangkutan akan menanggung biaya kesehatan atau pengobatan calon mahasiswa.
  • Fotocopy surat baptis dan surat sidi

 

  1. Membuat book review sebanyak 2-3 halaman dari pilihan buku yang diberikan pihak STT Bandung. Tulisan diketik di kertas A4 dengan font Times New Roman ukuran 12 spasi 1,5.

 

  1. Mengirimkan hasil psikotes tertulis kepada STT Bandung. Calon mahasiswa bebas memilih biro penguji psikotes dan membawa surat pengantar dari STT Bandung (terlampir dalam formulir, isi bagian nama, TTL dan tanggal deadline penyerahan berkas) untuk diserahkan kepada biro penguji psikotes setempat. Hasil psikotes dikirimkan langsung oleh penguji kepada pihak STT Bandung. Tanpa hasil psikotes dalam berkas pendaftaran maka calon mahasiswa tidak akan kami panggil untuk tes masuk.

 

  1. Membayar biaya pendaftaran dan tes sebesar Rp500,000.- (wajib ditransfer ke rekening BCA an. Yayasan STT Bandung, ac: 282 300 5555). Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan.

 

  1. Mengirimkan berkas-berkas pada nomor 1-5 (sudah lengkap) beserta bukti transfer pada nomor 6 ke alamat STT Bandung dan ditujukan kepada “Bagian Admisi STT Bandung” sebelum periode pendaftaran berakhir.

 

  1. Mengikuti Tes Penerimaan Mahasiswa Baru yang meliputi:

 

  • Pengetahuan Teologi
  • Bahasa Inggris
  • Wawancara

 

 

5

Magister Ministri (M.Min.)

Dalam Bidang Kepemimpinan Pastoral

 

 [ KUALIFIKASI ]

 

  • Lulus S.Th. (Sarjana Teologi) atau M.Div. (Magister Divinitas)
  • Telah memiliki pengalaman pelayanan di gereja minimal 2 (dua) tahun serta mendapatkan rekomendasi dari gereja atau lembaga yang dilayaninya.
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik (nilai TOEFL paper based minimal 450 atau IELTS 5.0)

 

[ PROSEDUR PENDAFTARAN ]

  1. Mengisi 1 set formulir pendaftaran yang terdiri dari:
    • Formulir Pendaftaran
    • Formulir Kesaksian A (mengenai pertobatan pribadi)
    • Formulir Kesaksian B (mengenai keterlibatan dalam pelayanan)
    • Formulir Rekomendasi 1 (dari gembala sidang/pembina rohani)
    • Formulir Rekomendasi 2 (dari sahabat, teman/rekan kerja)
    • Formulir Rekomendasi 3 (dari dosen/atasan)
    • Formulir Data Kesehatan
    • Formulir Data Keluarga
    • Formulir Konfirmasi Dukungan Pembiayaan Studi

 

  1. Melampirkan:
  • Surat Keterangan Bekerja minimal selama 2 tahun
  • Fotocopy Akte Kelahiran
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 (2 lembar)
  • Fotocopy Ijazah dan Transkrip yang dilegalisir
  • Fotocopy Kartu BPJS atau Kartu Indonesia Sehat atau Asuransi Kesehatan. Bila tidak ada maka harus menyertakan surat pernyataan dari pribadi / keluarga bahwa yang bersangkutan akan menanggung biaya kesehatan atau pengobatan calon mahasiswa.
  • Fotocopy surat baptis dan surat sidi

 

  1. Membuat book review sebanyak 2-3 halaman dari pilihan buku yang diberikan pihak STT Bandung. Tulisan diketik di kertas A4 dengan font Times New Roman ukuran 12 spasi 1,5.

 

  1. Mengirimkan hasil psikotes tertulis kepada STT Bandung. Calon mahasiswa bebas memilih biro penguji psikotes dan membawa surat pengantar dari STT Bandung (terlampir dalam formulir, isi bagian nama, TTL dan tanggal deadline penyerahan berkas) untuk diserahkan kepada biro penguji psikotes setempat. Hasil psikotes dikirimkan langsung oleh penguji kepada pihak STT Bandung. Tanpa hasil psikotes dalam berkas pendaftaran maka calon mahasiswa tidak akan kami panggil untuk tes masuk.

 

  1. Membayar biaya pendaftaran dan tes sebesar Rp500,000.- (wajib ditransfer ke rekening BCA an. Yayasan STT Bandung, ac: 282 300 5555). Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan.

 

  1. Mengirimkan berkas-berkas pada nomor 1-5 (sudah lengkap) beserta bukti transfer pada nomor 6 ke alamat STT Bandung dan ditujukan kepada “Bagian Admisi STT Bandung” sebelum periode pendaftaran berakhir.

 

  1. Mengikuti Tes Penerimaan Mahasiswa Baru yang meliputi:

 

  • Pengetahuan Teologi
  • Bahasa Inggris
  • Wawancara

 

6

Magister Ministri (M.Min.)

Dalam Marketplace Ministry

 

[  KUALIFIKASI ]

 

  • Lulus S1 semua jurusan.

 

[ PROSEDUR PENDAFTARAN ]

  1. Mengisi 1 set formulir pendaftaran yang terdiri dari:
    • Formulir Pendaftaran
    • Formulir Kesaksian A (mengenai pertobatan pribadi)
    • Formulir Kesaksian B (mengenai keterlibatan dalam pelayanan)
    • Formulir Rekomendasi 1 (dari gembala sidang/pembina rohani)
    • Formulir Rekomendasi 2 (dari sahabat, teman/rekan kerja)
    • Formulir Rekomendasi 3 (dari dosen/atasan)
    • Formulir Data Kesehatan
    • Formulir Data Keluarga
    • Formulir Konfirmasi Dukungan Pembiayaan Studi

 

  1. Melampirkan:
  • Fotocopy Akte Kelahiran
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 (2 lembar)
  • Fotocopy Ijazah dan Transkrip yang dilegalisir
  • Fotocopy Kartu BPJS atau Kartu Indonesia Sehat atau Asuransi Kesehatan. Bila tidak ada maka harus menyertakan surat pernyataan dari pribadi / keluarga bahwa yang bersangkutan akan menanggung biaya kesehatan atau pengobatan calon mahasiswa.
  • Fotocopy surat baptis dan surat sidi

 

  1. Membuat book review sebanyak 2-3 halaman dari pilihan buku yang diberikan pihak STT Bandung. Tulisan diketik di kertas A4 dengan font Times New Roman ukuran 12 spasi 1,5.

 

  1. Mengirimkan hasil psikotes tertulis kepada STT Bandung. Calon mahasiswa bebas memilih biro penguji psikotes dan membawa surat pengantar dari STT Bandung (terlampir dalam formulir, isi bagian nama, TTL dan tanggal deadline penyerahan berkas) untuk diserahkan kepada biro penguji psikotes setempat. Hasil psikotes dikirimkan langsung oleh penguji kepada pihak STT Bandung. Tanpa hasil psikotes dalam berkas pendaftaran maka calon mahasiswa tidak akan kami panggil untuk tes masuk.

 

  1. Membayar biaya pendaftaran dan tes sebesar Rp500,000.- (wajib ditransfer ke rekening BCA an. Yayasan STT Bandung, ac: 282 300 5555). Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan.

 

  1. Mengirimkan berkas-berkas pada nomor 1-5 (sudah lengkap) beserta bukti transfer pada nomor 6 ke alamat STT Bandung dan ditujukan kepada “Bagian Admisi STT Bandung” sebelum periode pendaftaran berakhir.

 

  1. Mengikuti Tes Penerimaan Mahasiswa Baru yang meliputi:

 

  • Pengetahuan Teologi
  • Bahasa Inggris
  • Wawancara

 

7

Master Of Ministry (M.Min.)

In Worship & Music Leadership

Majors Choral Conducting   |   Majors Ministry Leadership

 

 

[ ADMISSIONS REQUIREMENTS ]

The prospective students must hold the following qualifications:

  • Worship and/or music ministry leadership or choral conducting experience for at least three years
  • Bachelor’s degree
  • Call to ministry

 

Applicants are required the complete the following for application:

  • Passed the music proficiency exam from SBC team
  • Submit video recordings of leadership, rehearsal, and statement of rationale. The video can be submitted via DVD or Recording Uploaded to Youtube or Dropbox (kindly provide the link)
  • TOEFL Min. 500/TOEFL Computer 173/TOEFL IBT 60, IELTS 5.0 or higher
  • Must be leading a choir during the length of the programme
  • Submit the required forms which consist of:
    1. Application Form (completely filled and signed)
    2. Testimony A (salvation experience)
    3. Testimony B (call to ministry, your conviction about the Lord’s leading you into the ministry)
    4. Reference Form 1 (pastor, including character reference form)
    5. Reference Form 2 (colleague, including character reference form)
    6. Reference Form 3 (friends/lecturer, including character reference form)
    7. Family Data
    8. Letter of Confirmation from Church/Organization (min.3 years of music ministry leader experience)
    9. Copy of Birth Certificate
    10. Proof of Financial Support
    11. Copy of ID Card
    12. 4 x 6 photo size with red background (2 pcs)
    13. Copy of Academic Transcript (transcripts not in English must be officially translated and certified is true/ authorized translator)
    14. Copy of Baptism and Conversion Certificate
  • Pay a non-Refundable Application Fee of Rp 500.000,- (Please transfer to: BCA Suria Sumantri 282 300 5555 with Beneficiary Name: Yayasan STT Bandung). Applications received by BTS without registration fee will not be processed.

 

8

 [  INFORMASI  ]

Sekolah Tinggi Teologi Bandung
Jl. Dr. Djunjunan 105 Bandung
Ph. 022-6016454 / 607.7920, Hp. 0815 733 60009
Contact Person Admisi: Anna Victoria
Email: admisi@sttb.ac.id
 
JADWAL KEGIATAN
Hari, Tanggal Waktu Kegiatan Tempat
25 Maret 2019 17.00 Pengembalian Formulir Pendaftaran Gelombang 1 Sarjana Kantor Administrasi Lt. 1, STT Bandung Jln. Dr. Djunjunan 105 Bandung
6-7 Mei 2019 08.00-14.00 Tes Masuk STT Bandung Gelombang 1 Sarjana Lantai 2, STT Bandung Jln. Dr. Djunjunan 105 Bandung
20 Mei 2019 17.00 Pengembalian Formulir Pendaftaran Gelombang 2 Sarjana dan Gelombang 1 Magister Kantor Administrasi Lt. 1, STT Bandung Jln. Dr. Djunjunan 105 Bandung
3-7 April 2019 08.00-17.00 Pengumuman Hasil Penerimaan Gelombang 1 Sarjana via email, surat tertulis dan whatsapp
10-11 Juni 2019 08.00-14.00 Tes Masuk STT Bandung Gelombang 2 Sarjana dan Gelombang 1 Magister Lantai 2, STT Bandung Jln. Dr. Djunjunan 105 Bandung
17-21 Juni 2019 08.00-17.00 Pengumuman Hasil Penerimaan Gelombang 2 Sarjana dan Gelombang 1 Magister via email, surat tertulis dan whatsapp
14 Oktober 2019 17.00 Pengembalian Formulir Pendaftaran Gelombang 2 Program Magister Kantor Administrasi Lt. 1, STT Bandung Jln. Dr. Djunjunan 105 Bandung
11-12 November 2019 08.00-14.00 Tes Masuk STT Bandung Gelombang 2 Program Magister Lantai 2, STT Bandung Jln. Dr. Djunjunan 105 Bandung
18-22 November 2019 08.00-17.00 Pengumuman Hasil Penerimaan Gelombang 2 Program Magister via email, surat tertulis dan whatsapp